Kamis, 13 Oktober 2011

Cerpen (Sebuah Harapan di Dalam Hati)


Oleh : Devi  Ajeng  Efrilianda

SEBUAH  HARAPAN  DI  DALAM  HATI


P
agi  ini  seperti  biasanya  matahari  tersenyum  manis dan  siap  untuk melakukan  rutinitas  di  pagi  hari.Aku  berjalan  menyusuri  padang  ilalang  seperti  biasa  ilalang – ilalang  itu  menari  nan  indah  bak  penari  di  atas panggung  , hari  ini  hatiku  sangat  deg-degan karena  aku  menunggu  hasil  ujianku  yang  akan diumumkan  nanti  jam  10 .Tak  terasa  aku  udah  sampai  sekolah  , sampai   mulut gerbang  hatiku  semakin  deg – degan , sekolah  hari  ini  bagaikan  monster  yang siap  menerkamku...
“Khuznul  tunggu!!”
Panggilan  itu  langsung  membuyarkan  lamunanku   , ternyata  sahabatku  mangejarku  sejak  tadi.Sahabatku  namanya  Valenz , memang  dia  agamanya  beda ama  aku  tapi , kata  Abah  kita  bisa  berteman  dengan siapa  saja tanpa  pandang buluh  tapi , jangan  sampai  mempengaruhi  kita  yang  jelek – jelek.
“Hai  Lenz , nafas  kamu  terengah – engah  banget , emang  kenapa?”
“Lo  tu  gimana  sih!kan  gue  manggil – manggil lo  dari  tadi ,emang  lo  nggak dengar  apa?capek  nih  gue  kejar – kejar  lo!!”Valenz  marah
“Maafin  aku  ya  Lenz , soalnya  tadi  sepanjang  jalan  aku  mikirin  hasil  ujianku nanti”Khuznul  khawatir  dengan  nada  lemah  lembutnya.
“Santai  aja  kalekk!!”
            Di  sudut  sekolah  cowok  brandalan  yang  tetap  santainya   menghisap rokok  tanpa  mempedulikan   nilai  ujiannya, dia  bernama  Vincent  cowok  yang selalu  kena  masalah  ama  guru  BK  walaupun  dia dihukum  beberapa  kali  dia  tetap  nggak  ada  kapoknya.
“Man , lo  kok  santai  banget  sih!nanti  kan  pegumuman  ujian!”Kata  Rio  teman      satu  Genxnya  sambil  mengambil  satu  batang  rokok.
“Lo  santai  aja  kenapa  sih  io! Kalau  gue  nggak  lulus , sekolah  ini  gue  bom!ha....ha...ha....”
“Lo  mau  jadi  teroris  Man?”Rio  heran  dengan  Vincent
“Ya  biarinlah  kan  setiap   chanel  tv   ngeberitain  gue  jadi , gue  lebih  popular daripada  Pasha  Ungu!ya  kan!!ha....ha....”Vincent  semakin  gila.
“Gila  bener  lo!ha...ha...”Rio  pun  ikut  tertawa  terbahak – bahak.
            Dari  tadi  Khuznul merhatiin  Vincent  dia   langsung menghampirinya.Memang  waktu  kelas  X  mereka  berdua   satu  kelas  jadi  Khuznul  tahu  sifat  Vincent.
“Vinc , kamu  kenapa  tidak  ikut  doa  bersama  di Musholla!Itu  apa? kamu ngerokok?Vinc, rokok  itu  hukumnya  Mubah  yang  artinya.....”Khuznul  yang  belum  selesai  bicara  Vincent  langsung  angkat  bicara.
“Heh  cewek  alim!lo  jangan  dakwah  di depan  gue  apalagi  nasehatin  gue!walaupun  bokap  lo  ustadz  atau  haji  lah  apalah!Gue  nggak  peduli!”Vincent  bentak – bentak Khuznul  dan  nunjuk  ke  arah  Khuznul.
Astagfirullah!”Kata  Khuznul  di  dalam  hati.
           
Kelulusan  sudah  diumumkan  wali  murid  sudah  membawa  lembaran kelulusan.Khuznul  yang  nggak  sabar  melihat  hasil  kelulusan  langsung  menyusul  Abahnya  di  kelas , sesampainya  di kelas  banyak  teman – temanya  udah  di  mulut  pintu  melihat  hasil  kelulusan.
“Khuz , gue  lulus!katanya  bu  Tuti  ada  yang  nggak  lulus  1  katanya  sih  cewek”Valenz  Cuma  ngegodain  Khuznul.
“Yang  bener  lenz?”Khuznul  tambah  khawatir
“ya  gitu  deh , lo  sendiri  gimana?”Tanya  Valenz  padahal  sih  Valenz  udah  tau
“Ya  itu ...aku  cari  Abah  sekarang , aku  jadi  khawatir  lenz!”Tiba – tiba  Khuznul  menangis
“Nduk , kenapa  nangis?”tiba – tiba  Abahnya  datang  dari  belakang
“Bah , gimana  Khuznul , lulus?”Tanya  Khuznul  sambil  mengusap  air  matanya
“Iya  nduk , kamu  lulus  alhamdulilah  hasilnya  memuaskan”Abah  memeluk    Khuznul
Alhamdulilah  ya  Allah!”Khuznul  langsung  sujud  syukur.
Tiba – tiba  Vincent  di  belakang  Khuznul  langsung  mengajak  Khuznul  ke  tempat    jauh dari  keramaian, Khuznul  bertanya – tanya  di  dalam  hati  kenapa  dia  diajak ama  Vincent  ke  tempat  yang  sangat  sepi.Sesampainya  di  tempat  yang  amat sangat  sepi...Vincent  langsung  memulai  pembicaraan , hati  Khuznul  semakin  deg – deg an.
“Khuz , sory  ya  gue  lancang  ajak  lo  ke  tempat  ini”Sambil  duduk  di  samping  Khuznul
“Aku  takut  terkena  fitnah  Vinc , kamu  duduknya  agak  jauh  ama  aku  ya!”
“Oke!lo  kalau  bicara  suaranya  halus  sekali  ya...gue  jadi  tentram  kalau  ngobrol ama  lo!”
“Apaan  sih  Vinc  biasa  aja!”Wajah  Khuznul  kemerah – merahan
“Makanya  itu  gue  sayang  ama  lo , maksud  gue  lo  mau  nggak  jadi  pacar gue?”Vincent  kembali  duduk  di samping  Khuznul  dan  memegang  tangan  Khuznul
“Tapi  Vinc..”
Khuznul  yang  belum  selesai  bicara  sesosok  cewek  cantik  yang  profesinya  model  itu  langsung  memeluk  dan  mencium  Vincent  dari  belakang.
“Hai  sweety , kok  nggak  pernah  telpon  gue  sih?”
“Apaan  sih  lo  nic!murahan  banget!kita  kan  udah  putuz !”Vincent  naik  darah
“Oh  ya  sweety  ku!!jadi  sekarang  lo  pacar  cewek  alim  ini?selera  lo  rendah  banget  sih?”ejek  Monica  sambil  nunjuk  Khuznul  dari  atas  sampai  bawah.
“Monic!!!”Bentak  Vincent
Khuznul  langsung  meninggalkan  mereka  berdua  tak  sadar  air  matanya  meleleh , Vincent  langsung  mengejar  Khuznul...
“ Khuznul  tunggu!”Vincent  tarik  tangan  Khuznul
“Ngapain  kamu  ngejar  aku?”Khuznul  tidak  memandang  wajah   Vincent
“Aku  sayang  ama  lo?lo  kan  belum  jawab!”
Khuznul  langsung  mengusap  air  matanya  dengan  sapu  tangan
“Maaf  Vinc , aku  nggak  bisa  karena....”Khuznul  belum  selesai  bicara  Vincent langsung  angkat  bicara
“Gue  tau , pasti  karena  gue  preman  iya  kan?”
“Bukan  Vinc , karena  dalam  agama  islam  pacaran  itu  sebenarnya  nggak  boleh karena  bisa  menimbulkan  fitnah – fitnah  yang  tidak  diinginkan”Jelas  Khuznul
“Terus  gue  harus  gimana?”Tanya  Vincent
“Cari  tau  sendiri  aja!kalau  kamu  ingin  mendapatkan  cinta  ku”Khuznul  langsung meninggalkan  Vincent  dan  memberikan  kalung  Khuznul.
“Apa  maksudnya  dia  memberi  gue  kalung  ini?”Kata  Vincent  di  dalam  hati
            Khuznul  langsung  menuju  ke  pusat  keramaian  ketika  Abahnya menanyakan  kalungnya  sebaliknya  Khuznul  mengatakan”Kalungnya  Ku  berikan seseorang , yang  mungkin  dia  calon  suamiku  bah!”Jawab  Khuznul  sambil tersenyum,”Semoga  doa  kamu  terkabulkan  nduk..”Doa  Abah”Amin  ya  Allah!”Kata  Khuznul.
            Vincent  masih  saja  bertanya – tanya  di  dalam  hati  ‘mengapa  kalung  ini  diberikan  kepadaku?’bahkan  salah  satu  teman  satu  genxnya  menyarankan ‘bawa  ke  ustadz  aja  atau  kiyai’ Vincent  langsung  setuju  dengan  Rio , padahal  Rio  hanya  bercanda.
            Pagi  Harinya  Vincent  sudah  siap  pergi  ke  Kiyai  Yusuf.Vincent  sudah nggak  sabar  sampai  ke  pesantren  Al-Amin  milik  Kiyai  Yusuf.Mobil  melaju dengan  kecepatan  stabil , hati  Vincent  semakin  berdegup  dengan  kencang  ketika sampai  mulut  gerbang  pesantren.Sesampai  pesantren  Vincent  dan  Rio  langsung mencari  kantor  kiyai  Yusuf.
“Tok...tok...tok...”ketukan  pintu  agak  keras
Assalamualaikum..”Vincent  berkata  pelan
Wallaikumsalam”Terdengar  suara  dari balik  pintu.
            Pintu  perlahan – lahan  terbuka  dari  balik  pintu  terlihat  lelaki  yang  sudah lanjut  usia.Lelaki  itu  bernama  Kiyai  Yusuf , Kiyai  Yusuf  heran  dengan kedatangan  Vincent  dan  Rio.Mereka  berdua  langsung  dipersilahkan  duduk.
“Ada  perlu  apa  kalian  datang  kemari?”Tanya  Kiyai  Dengan  heran
“Perkenalkan  nama  saya  Vincent  dan  ini  teman  saya  Rio.Saya  datang  ke  sini karena  saya  mau  bertanya  tentang  kebimbangan  yang  saya  alami!”Jelas  Vincent
 “Apa  kebimbangan  kamu  nak?”
Vincent  langsung  menceritakan  kebimbangannya  tanpa  basa – basi , Kiyai  Yusuf mendengarkan  dengan  seksama.
“Sekarang  kalungnya  mana  nak?”
“Ini  Kiyai”Vincent  langsung  menyerahkan  kalung  yang  diberikan  Khuznul
Kiyai  Yusuf  terkejut  dengan  kalung  yang  diberikan  Vincent  tetapi , Kiyai  tidak  menampakkan  kalau  ia  terkejut.Ia  pun  tahu  maksud  perempuan  yang  memberikan  kalung  itu.
“Saya  tahu  maksud  perempuan  yang  memberi  kalung  ini”Kiyai  Yusuf  masih meneliti  kalung  itu  dan  memberikan  kalungnya  kepada  Vincent.
“Apa   itu  Kiyai?”
“Perempuan  ini berharap  kamu  melamar  dia  setelah  kamu  bekerja  sudah  mapan dan  yang  lebih  tepat  ubahlah  penampilan  kamu  dan  insyaf”Jelas  Kiyai  Yusuf
“Jadi  Khuznul  berharap  sama  saya?tentang  insyaf  saya  harus  jauhi  yang  tidak  disukai  oleh  Khuznul”
“Ya  dia  sangat  berharap  pada  kamu  tapi , kamu  insyaf  tidak  karena  Khuznul tetapi , karena  Allah!Kamu  mengerti  nak?”Jelas  Kiyai  Yusuf
“Mengerti  Kiyai, saya  jadi  tidak  sabar”Vincent  sangat  senang
“Nak....Perbuatan – perbuatan  baik  itu  menghapus  kesalahan – kesalahan.Itulah peringatan  bagi  orang – orang  yang  selalu  mengingat (Allah).Dan  bersabar , karena  sesungguhnya  Allah  tidak  menyia – nyiakan  pahala  orang  yang  berbuat kebaikan.(Huud : 114 – 115)”Kiyai  Yusuf  menasehati  Vincent.
“Makasih  Kiyai  saya  jadi  tersentuh  dan  ingin  segera  mendekatkan  diri  kepada Allah”Kata  Vincent  tiba – tiba  air  matanya  meleleh
“Ya  nak , janganlah  kau  menangis  karena  seorang  lelaki  sejati  harus  tetap  tegar”
“Baikalah  Kiyai , saya  dan  Rio  mohon  pamit, Assalamualaikum”
Waaliakumsalam , Hati- hati  nak!”
“Ya  Kiyai!”
Dari  balik  jendela  gadis  berkerudung  merah  tersenyum  manis  mendengar pembicaraan  tadi , tak  sadar  air  matanya  meleleh.
            Dalam  hari – harinya  Vincent  selalu  mengingat  nasehat – nasehat  Kiyai Yusuf.walaupun  dia  tak  pernah  bertemu  dengan  Khuznul  tetapi , wajah  manis Khuznul  tetap  membayangi  hari – harinya.
“Kring....kring...”dering  telpon  berbunyi  dengan  keras
“Hallo ,  ngapain  sih!lo  telpon  gue  pagi – pagi”Bentak  Vincent
“Aduh  Sweety  ini  udah  jam  8  emang  lo  nggak  ke  kampus?”Tanya  Monica    heran
“Aduh!Udah  dulu  ya  nic  gue  mau  mandi!”Vincent  terburu – buru
“Oke  deh  sweety, gue  tunngu  di  kampus  ya...”Monica  langsung  tutup  telpon
            Di  perjalanan   Vincent   ngebut  hampir  saja  tadi  dia  nabrak  angkot, sekarang  Vincent  dan  Monica  satu  kampus, Monica  sangat  berharap  kalau Vincent  balikan  lagi.
Tiba – tiba  “Brakkk!”Vincent  nabrak  motor  yang  ada  di depannya.Vincent langsung  turun  dari  mobil.
“maaf  ya  mbak  soalnya  saya  tadi...”Vincent  tidak  meneruskan  bicaranya  karena dia  sangat  terkejut  dengan  gadis  bercadar , Vincent  seperti  sudah  mengenal  gadis  itu  sangat  lama.
“Tidak  apa – apa”
“Apa  saya  pernah  mengenal  kamu?”
“Maaf  saya  tidak  kenal”
Tanpa  basa – basi  gadis  bercadar  itu  langsung  meninggalkan  Vincent
“Gue  kayaknya  kenal  suara  itu  deh!Aduh  udah  jam  9!nanti  gue  telat  bisa  dimarahin  Pak  Burhan  nich!”
Vincent  langsung  tancap  gas  menuju  kampusnya  dengan  wajah gelisah.Sesampainya  di kampus  Vincent  langsung  lari  menuju  kelasnya.
            Kuliah  vincent  sudah  selesai, dia  ingin  membangun  perusahaan  dengan biayanya  sendiri.Hari  berganti  hari  bulan  berganti  bulan  tahun  berganti  tahun Vincent  tidak  bertemu  dengan  Khuznul  tetapi, perusahaan  yang  dibangunnya sudah  sukses.Umur  Vincent  sudah  25  tahun  sudah  saatnya  dia  untuk  menikah namun , dia  ragu  menemui  Khuznul  karena  takut  ditolak  lamarannya  oleh  pihak keluarga  Khuznul.Padahal  Vincent  sudah  tidak  dikejar – kejar  lagi  ama  Monica  tetapi  entah  kenapa  dia  tak  yakin  dengan  melamar  Khuznul.
Akhirnya  dia  memutuskan  untuk  pergi  ke  rumah  Valenz  untuk  tanya  alamat  rumah  Khuznul.Walaupun  Valenz  tidak  di  rumah  dia  mendapatkan  alamat  rumah  Khuznul  dari  Mamanya.Vincent  terkeju t dengan  alamat  rumah  itu  karena  rumah  Khuznul  sama  dengan  alamat  rumah  Kiyai  Yusuf.Sesampainya  di  sana  jantung  Vincent  seperti  mau  copot.
Assalamualaikum...
Walaikumsalam, Subhanallah  Vincent  ada  apa  kamu  datang  ke  sini”Jawab  Kiyai  Yusuf  sambil  mempersilahkan  masuk  Vincent
“Kiyai  itu  apa  Abahnya  Khuznul?”Tanya  Vincent  heran
“Iya  betul  nak!Apa  kamu  memenuhi  syarat  itu  dan  mau  melamar  Khuznul?”Tanya  Kiyai
Subhanallah  bah!saya  tidak  menyangka  kalau  Kiyai  Abahnya  Khuznul.saya  sudah  memenuhi  syarat  itu  dan  saya  memang  mau  melamar  Khuznul  tapi , apa  lamaran  saya  di t erima?saya  takut  lamaran  saya  ditolak  Kiyai!”Jelas  Vincent  gelisah
“Kalau  masalah  lamaran  saya   terserah  Khuznul.Nduk  kemari  nak  Vincent  sudah  ke  sini...!”Kiyai  memanggil  Khuznul.Hati  Vincent  semakin  deg – degan.
Inggih  bah!”Suara  lembut  dari  dalam  langsung  menusuk  hati  Vincent.
Vincent  tersentak  dengan  penampilan  Khuznul  dia  jadi  teringat  gadis  bercadar yang  pernah  ditabrak  dia.”Udah  ku  sangka  dia  Khuznul”Suara  hati  Vincent.
“Nduk...apa  kamu  menerima  lamaran  nak  Vincent?”Tanya  Kiyai  Yusuf
“Iya  bah..tapi,  vincent  sudah  insyaf?”Khuznul  tetap  menundukkan  kepala
“Udah  Khuz, sekarang  aku  tidak  seperti  dulu  lagi.Terima  kasih  kamu  sudah  menerima  lamaranku.Jadi  Kiyai, kapan  saya  bisa  menikah  dengan  Khuznul?’Tanya  Vincent  senang
“Besok!Apa  kau  siap  mengatakan  ke  orang  tuamu  dan  pernikahan  biasa  saja  tak  perlu  istimewa?bawalah  maskawin  seperangkat  alat  sholat!”Jelas  Kiyai  Yusuf
“Baiklah  Kiyai  aku  siap!Apa  kau  siap  Khuznul?”
Insyallah !
“Kiyai  saya  pamit  dulu, Assalamualaikum!”Vincent  langsung  mengendarai  mobil.
Walaikumsalam”Jawab  Kiyai  sambil  tersenyum  ke  arah  Khuznul
            Sesampainya  di  rumah  kebetulan  orang  tuanya  ada  di  rumah.Tanpa  basa – basi  Vincent  langsung  bicara  kalau  akan  nikah  ama  Khuznul, Mamanya  nggak terima  kalau  pernikahannya  secepat  ini  namun,Mamanya  merestui  karena  Khuznul  telah  merubah  Vincent  menjadi  lebih  baik.Vincent  langsung mempersiapkan  yang  akan  dibawa  besuk.
            Pagi  jam  7  Vincent  dan  orang  tuanya  langsung  berangkat  menuju  rumah  Khuznul.Dengan  hati  deg – degan  Vincent  tetap  mengendarai  mobilnya  dengan  tenang.Sesampai  di  gerbang  pesantren  jantung  Vincent  seperti    mau  copot.Di  Masjid  tempat  pernikahan  Vincent  hanya  beberapa  orang  yang  datang.Kiyai  yusuf  datang  menghampiri  Vincent  dan  orang  tuanya.
            Vincent  menuju  Masjid  dengan  hati  tidak  sabar.Sesampainya  di  masjid khuznul  sudah  ada  di  dalam  memakai  baju  putih  aura  cantiknya  semakin  terpancar.Vincent  duduk  di  samping  Khuznul, Vincent  langsung  mengatakan  ijab  kabul  dengan  lancar.Semua  orang  yang  ada  di  Masjid  mengucapkan  hamdalah  bersama – sama.
            Malam  harinya  Vincent  sudah  ada  di  kamar  khuznul  dan  menunaikan kewajiban  sebagai  suami  istri.
“Mas, semua  ragaku  akan  ku  serahkan  untukmu!Tapi, sebelum  kita  menunaikan  kewajiban  ini  kita  sholat  isya’  dulu  Mas...saya  mau  ambil  air  wudhu  dulu”khuznul  menuju  kamar  mandi
“Baiklah  istriku  kita  sholat  isya’  dulu”Jawab  Vincent
Setelah  sholat  isya’ Vincent  dan  Khuznul  langsung  menunaikan  kewajibannya.
“Kau  sudah  siap  istriku?”
“Sudah  suamiku, bukalah  cadar  ini  dengan  kasih  sayangmu”Jawab  Khuznul.
            Pagi  harinya  Khuznul  mengajak  Vincent  ke  padang  ilalang  yang  selalu  di  kunjunginya  setiap  hari.
“Aku  bahagia  sekali  menjadi  suamimu..”Kata  vincent  sambil  mencium  kening  Khuznul.
“Aku  juga  bahagia  bisa  menjadi  istrimu  mas..”Khuznul  tersenyum  manis.
“Aku  tak  menyangka  hidupku  bisa  seperti ini...”Vincent sangat senang
“Itu Takdir  Allah  mas...”Ucap  Khuznul lembut.
Pagi  itu  matahari jadi  saksi  kebahagiaan  dan  keromantisan  Vincent  dan Khuznul.


THE END

Tidak ada komentar :

Posting Komentar